The Flows

The Flows

Friday, June 1, 2012

Petrografi Batuan Beku : Klan Gabro


Secara umum, klan Gabro dibagi menjadi dua klan, yaitu Gabro Kalk Alkali dan Gabro Alkali. Pembagian ini didasarkan pada perbedaan kehadiran mineral golongan alkali feldspar dalam mineral penyusunnya.

1.      Kerabat batuan Beku Gabro Kalk Alkali
Ciri Umum :
·         Indeks warna >40%
·         Silika hadir 45%- 52%
·         Plagioklas basa An 50 – An 80
·         Kuarsa dan K-feldspar tidak hadir atau<10%
·         Mineral mafik dominan piroksin dan olivine

A.    Basalt
Basalt  adalah batuan dari kerabat Gabro Kalk-Alkali yang mempunyai ukuran butir halus, hadir sebagai intrusi dangkal atau lava. Mempunyai tekstur Holokristalin-holohialin, pilotaksitik, intergranular, porfiritik dan vitrofirik.
Basalt


B.     Diabas

Batuan ini termasuk dalam anggota klan Gabro Kalk-Alkali yang berbutir halus. Memiliki tekstur khusus sebagai pencirinya yaitu tekstur diabasik. Memiliki ukuran butir lebih kasar dari basalt dan biasanya masaadasarnya adlah mikrolit.
Diabase

C.     Gabbro
Batuan ini berukuran butir kasar dan termasuk dalam klan Gabro Kalk Alkali. Penyusunnya didominasi mineral mafik. Kehadiran plagioklas basa >An50 (labradorit). Kuarsa dapat hadir dan jika kuarsa >10% maka disebut kuarsa gabro.
Gabro

D.    Anortosite
Batuan ini disusun oleh mineral plagioklas basa (labradorit) >90%. Indeks warna 10, dengan mineral mafik lainnya adalah augit dan hipersten. Merupakan anggota klan Gabro Kalk-Alkali.
Anorthosite


2.      Kerabat batuan beku Gabro Alkali

Klan ini memiliki cirri umum :
·         Indeks warna 40-70
·         Indeks warna >40%
·         Silika hadir 45%- 52%
·         Plagioklas basa An 50 – An 80
·         Kuarsa dan K-feldspar tidak hadir atau<10%
·         Mineral mafik dominan piroksin dan olivine

A.    Basanite
Merupakan anggota klan Gabro Alkali yang berbutir halus. Memiliki tekstur khusus intergranular dan porfiritik. Komposisi mineralnya : Plagioklas > An50, K-feldspar >10% dan olivine >10%.
Basanite

B.     Spilite
Batuan ini memiliki kandungan silica 50% dengan tekstur intergranular, intersertal dan profiritik. Merupakan batuan anggota klan Gabro Alkali yang berbutir halus. Kehadiran plagioklas umumnya > An50.
Spilite

C.     Malignite
Batuan anggota klan Gabro Alkali ini berbutir kasar. Bertekstur porfiritik dengan fenokris berupa nefelin dan tekstur poikilitik dengan fenokris berupa K-feldspar yang subhedral.
Malignite

D.    Ijolite
Batuan ini juga termasuk dalam klan Gabro Alkali yang berbutir kasar. Komposisi mineralnya didominasi oleh nefelin dan piroksin dengan mieral tambahan lainnya adalah kalsit, zeolit dan wolastonit.
Ijolite



No comments:

Post a Comment